OpenSuse Leap 42.1

Kesan pertama setelah menginstall OpenSuse Leap 42.1

Tampilan yang elegan dan ringan langsung terasa begitu masuk pertama kali ke desktop OpenSuse Leap 42.1. Komposisi warna pada desktop terasa sangat berbeda dengan OpenSuse 13.2 sebelumnya, sekarang tampilan desktop terkesan muda dan rapi. Mata merasa dimanjakan dengan kontras warna yang indah.

Membuka beberapa aplikasi juga terasa ringan mengingat komputer yang digunakan adalah laptop Compaq 510 dengan prosesor Core 2 Duo dan RAM 2GB yang memang laptop ini sudah tua sehingga bisa dibayangkan jika digunakan pada komputer yang lebih baru seperti Core i5 atau i7 tentu akan jauh lebih ringan. Animasi window saat memaximize atau sebaliknya juga terasa lembut dan halus sehingga memberikan kesan yang sangat elegan.

Ketika mencoba hotkey yang ada di laptop compaq ini, saya menjadi takjub karena semua dapat berfungsi selayaknya saat menggunakan OS Windows, padahal beberapa distro sebelumnya termasuk OpenSuse 13.2 beberapa tombol tidak berfungsi seperti tombol brightness tidak dapat mengatur kecerahan layar, namun dengan OpenSuse Leap 42.1 tanpa perlu mengoprek sudah berfungsi dengan baik.

Mudahnya Install Multimedia Codec OpenSuse
Seperti biasa kebanyakan distro linux tidak menyertakan dukungan untuk memutar file multimedia seperti mp4 dan mp3 secara default sehingga membutuhkan sedikit upaya tambahan untuk mendengarkan lagu-lagu yang kita suka. Dan di sinilah kelebihan distro OpenSuse kita dapat menginstall codec multimedia hanya dengan sekali klik. Silakan masuk ke http://opensuse-community.org/ kemudian klik tombol install codec yang sesuai dengan Desktop Environment yang kita gunakan apakah KDE atau Gnome.

Setelah seharian bersama OpenSuse 42.1 sejak diinstall saya tidak merasakan kesulitan yang berarti dalam artian dapat teratasi dengan mudah. Silakan baca juga beberapa masalah yang dihadapi saat pertama kali install OpenSuse Leap 42.1.



OpenSuse Leap 42.1 OpenSuse Leap 42.1 Reviewed by Kamartina on 13.29 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.