Masalah Pertama setelah Install OpenSuse Leap 42.1

Masalah USB Tethering Android di OpenSuse Leap 42.1
Ini adalah masalah pertama yang saya temui karena secara otomatis setelah install linux pasti akan menghubungkan ke internet untuk menginstall beberapa aplikasi tambahan. Sebelumnya atau di OpenSuse 13.2 USB Tethering langsung bisa digunakan tetapi sekarang sedikit berbeda.

Tidak ada oprek-oprekan yang dilakukan untuk mengaktifkan USB Tethering hanya saja kita tinggal membuat koneksi wired baru di Connenction Editor. Langkahnya adalah:

  • Aktifkan USB Tethering di Hp Android
  • Masuk ke Connention Editor, melalui Klik icon network di pojok kanan bawah ==> klik configure network connection.
  • Tibalah di tampilan/window Connection Editor. Klik  Add ==> beri nama bebas misalnya USB Tethering ==> klik Ok untuk menyimpan
  • dengan begitu saja dan otomatis tersambung asalkan ingat Aktifkan dulu USB Tethering di Hp Android yang digunakan.


Cara Mudah Install Multimedia Codec di OpenSuse Leap 42.1
Seperti biasa hal pertama yang saya langsung cari adalah multimedia codec agar dapat memutar lagu dan video untuk menemani kegiatan berkomputer untuk itu bisa langsung mengaktifkan Packman repository. Packman adalah repository yang memuat program-program pendukung yang tidak disertakan secara default  oleh OpenSuse.

Untuk menginstall multimedia codec bisa dilakukan dengan cara manual melalui CLI/Konsole dengan mengaktifkan Packman kemudian install multimedia codec dengan perintah zypper, atau dengan cara yang paling mudah yaitu masuk ke http://opensuse-community.org/ kemudian klik tombol install codec yang sesuai dengan Desktop Environment yang kita gunakan apakah KDE atau Gnome. Dan tentu saja saya memilih cara yang paling mudah untuk menghindari kesalahan ketik di CLI sekaligus menghemat waktu.

Masalah yang saya temukan di komputer saya adalah setelah selesai menginstaal multimedia codec aplikasi multimedia default dari OpenSuse Leap 42.1 tidak dapat langsung memutar video ataupun file lagu sehingga masih membutuhkan aplikasi tambahan seperti VLC, Kaffein dan Audacious. Agar lebih cepat bisa menggunakan perintah di konsole atau terminal.
#zypper install kaffeine vlc audacious


Install Wifi Driver
Masalah pada driver wifi jarang ditemukan karena biasanya sudah support by default. Tetapi berbeda dengan laptop Compaq 510 yang saya gunakan dimana untuk menggunakan wifinya harus melakukan upaya tambahan. Untunglah hal ini sudah pernah saya alami saat menggunakan distro sebelumnnya jadi tinggal mencari drivernya saja dan dalam hal ini b43-firmware.

Bisa menggunakan YaST atau mengetikkan perintah di terminal atau konsole, dan untuk hal ini saya memilih menggunakan perintah karena sedikit lebih cepat. Pastikan di konsole atau terminal sudah dalam posisi root dan langkah ini membutuhkan restart komputer, berikut perintahnya:
#zypper install b43-firmware

Itulah beberapa masalah yang saya temui. Terimakasih telah berkunjung. Baca juga kesan pertama setelah install OpenSuse Leap 42.1.

Masalah Pertama setelah Install OpenSuse Leap 42.1 Masalah Pertama setelah Install OpenSuse Leap 42.1 Reviewed by Unknown on 14.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.