Masalah install XAMPP di Windows 10


XAMPP adalah software populer untuk membuat aplikasi berbasis web, dengan software ini kita tidak membuthkan komputer server dalam proses pembuatan aplikasi web ataupun pembuatan wesite karena dengan XAMPP kita bisa menggunakan komputer atau laptop sebagai webserver. XAMPP memaketkan Apache, PHP, MariaDB (dulunya MySQL), Perl dan paket-paket lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi berbasis web.

XAMPP juga merupakan free software, artinya bebas digunakan alias gratis dan sangat mudah untuk di install dan dijalankan. Pengalaman saya dalam menginstall XAMPP di versi windows sebelumnya seperti di Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 tidak pernah mengalami kendala. Namun berbeda dengan pada saat di install di Windows 10.
XAMPP Control Panel

Proses install XAMPP di Windows 10 berjalan dengan lancar sampai tampilan jendela XAMPP Control Panel tetapi kemudian muncul masalah saat saya mencoba start services Apache yang kemudian muncul pesan error (pesan errornya saya lupa :D). Kemudian saya search di internet ternyata masalah install XAMPP di Windows 10 adalah membutuhkan Microsoft Visual C++ Redistributable.

Setelah Microsoft Visual C++ Redistributable terinstall kemudian saya restart windows 10 dan ternyata masalah teratasi.
Selamat mencoba.
Link download Microsoft Visual C++ Redistributable klik di sini.
Masalah install XAMPP di Windows 10 Masalah install XAMPP di Windows 10 Reviewed by Kamartina on 18.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.