Cara Mudah Mematikan Auto Update Windows 10

Mematikan Automatic Update Windows 10

Berawal dari rasa kesal karena kuota modem tiba-tiba langsung habis saat dipakai di Windows 10 saya pun mulai mencari sebab musababnya. Usut punya usut ternyata masalahnya adalah Auto Update Windows 10 yang secara otomatis mengunduh update dan parahnya lagi tidak bisa di disable.

Setelah browsing ke sana ke mari akhirnya berhasil disable auto update windows 10. Dan berikut saya bagikan dua cara mudah untuk disable auto update windows 10. Pertama adalah dengan cara yang paling mudah yaitu merubah koneksi mejadi Metered Connection dan Kedua adalah mematikan auto update dari Local Group Policy Editor.

Pertama, Cara Mudah Mematikan Auto Update Windows 10 dengan cara merubah koneksi menjadi Metered Connection. Langkahnya buka panel setting kemudian masuk ke menu Network and Connection.
Setting Panel Windows 10

Di panel Network & Internet pastikan berada di menu Wi-Fi kemudian pilih Advanced Options.
Network & Internet Panel
Di panel berikutnya hidupkan atau geser on pada set as metered connection.
Set as metered connection

Dengan membuat sambungan menjadi metered connection kita memanfaatkan kebijakan dari windows 10 untuk tidak mendownload update dari jenis koneksi ini.

Cara Kedua adalah dengan mematikan auto update dari Local Group Policy Editor. Langkah pertama adalah dengan cara mengetik gpedit.msc kemudian enter di kotak sebelah kanan gambar Windows 10 yang ada di pojok kira bawah layar. Di window Local Group Policy Editor masuklah ke administrative templates > windows components > windows update.
Local Group Policy Editor

Kemudian di panel sebelah kanan Klik dua kali (double click) Configure Automatic Updates. Klik enable dan pada kotak pilihan silakan dipilih sesuai keinginan tetapi dalam kasus saya memilih Notify to download and Notify to Install kemudian klik OK.
Configure Automatic Update

Dengan begini kita mematikan auto update windows 10, untuk melihat hasilnya bisa dilihat di panel Update & Security. Di sini muncul kalimat merah Some settings are managed by your organization. Dan munculnya tombol download karena jika ada update terbaru.
Panel Update & Security
Jika tulisan merah ini tidak muncul setelah mengatur configure automatic update coba disconect dulu kemudia restart windows 10.
Akhir kata semoga bermanfaat.
Image Credits: Windows 10 Push form www.zdnet.com.
Cara Mudah Mematikan Auto Update Windows 10 Cara Mudah Mematikan Auto Update Windows 10 Reviewed by Kamartina on 07.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.