Siklus Hidup Manusia


Pengertian siklus dalam kamus adalah putaran waktu yang di dalamnya terdapat rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Seperti siklus waktu yang akan berulang setiap 24 jam, siklus minggu yang selalu berulang setiap 7 hari, siklus tahun berulang setiap 12 bulan, siklus musim yang akan selalu berulang dalam setahun, begitu pun manusia juga memiliki siklus kehidupan. Ada tiga fase besar dalam siklus kehidupan manusia, yaitu lahir - hidup - mati.

Manusia tidak bisa memilih kelahirannya, tidak bisa menentukan di mana dan kapan, kematian juga demikian, tidak bisa ditentukan dan tidak bisa dihindari, semua yang dilahirkan pasti akan mati. Tetapi hidup adalah pilihan.

Ketika bayi hingga usia sekolah hidup kita menjadi tanggung jawab orang tua, menginjak dewasa setelah lulus kuliah kita akan menentukan jalur kehidupan. Mencari pekerjaan atau menjadi pengusaha adalah pilihan, menjadi sukses atau pecundang adalah pilihan kita. Bagaimana kita menjalani hidup sepenuhnya adalah kendali kita.

Tetapi ada hal-hal yang diluar kendali kita seperti Resiko Kehidupan. Di era informasi ini, rata-rata orang sadar akan resiko kehidupan, seperti bencana alam, kecelakaan, penyakit, dan kematian, yang terakhir ini bukan lagi sebuah resiko tetapi sebuah kepastian, sebuah kepastian yang tidak ada satupun yang tahu kapan datangnya.

Fakta kehidupan, orang pasti pernah ke Dokter untuk sekedar memeriksa kesehatan atau menderita suatu penyakit dan mengalami kecelakaan atau musibah lainnya. Fakta kematian, menurut WHO 90% orang meninggal didahului sakit kritis terlebih dahulu entah itu karena kanker, jantung, diabetes atau yang lainnya.
Fakta kesehatan, biaya tindakan medis semakin hari semakin mahal. Coba bandingkan penghasilan atau gaji dengan biaya perawatan kesehatan.

Contoh punya penghasilan 5juta/bulan ketika terjadi sakit kemudian rawat inap di rumah sakit 2 hari saja biayanya bisa 5juta lebih. Bayangkan jika menglami sakit kritis seperti jantung, kanker, diabetes atau lainnya. Maka 85% pasien kanker dan keluarga akan bangkrut, seperti yang ditulis di health.kompas.com.

Resiko kehidupan datang dengan tiba-tiba, kita tidak akan tahu kapan dia datang, ketika dia datang suka ngga suka, siap ngga siap kita harus bayar. Jika saat ini Anda punya uang yang memang disiapkan untuk resiko tentu akan berkurang atau bahkan akan habis. Jika Anda memilih untuk menabung sebagai persiapan jika terjadi resiko, hal ini juga kurang tepat karena apakah Anda bisa menjamin resiko tidak akan terjadi sampai uang terkumpul, dan bila terkumpul pun saat terjadi resiko uang anda juga akan habis.

Bagaimana jika seperti ini?
Kita pilih menabung pada jenis tabungan yang dari awal mulai menabung kita sudah memiliki sejumlah uang yang bisa kita tentukan sendiri untuk biaya perawatan kesehatan kita. Kemudian karena kita menabung tentu suatu saat nanti bisa ditarik. Apakah ada model tabungan seperti ini?

Ya, program tabungan seperti ini sudah banyak dimiliki oleh masyarakat kita dan telah banyak yang dibantu dalam pembiayaan rumah sakit. Anda tertarik? 081 931 218 938

Kitalah yang menentukan hidup kita. "lahir miskin bukan salah Anda, tapi mati miskin itu kesalahan Anda" ungkapan dari pengusaha asal Amerika, Donald Trump.

Artikel pendukung : healt.kompas.com




Siklus Hidup Manusia Siklus Hidup Manusia Reviewed by Kamartina on 16.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.