Install Debain Squeeze di Laptop Compaq V3000

Setelah beberapa minggu bermain dengan debian dan merasa nyaman, entah kenapa bangun pagi hari tadi muncul pikiran untuk menginstal ulang OS Debian di Laptop ini untuk mengulangi tahap-tahap penyesuaian yang harus dilakukan agar bisa menyesuaikan dengan laptop dan tentunya diri sendiri. Instalasi bisa saja dilakukan offline tetapi untuk menginstall software tambahan yang sering digunakan tentu membutuhkan koneksi internet sehingga saya mencari tempat dengan koneksi yang lumayan kencang.
Di laptop saya masih harus menginstal driver wifi dari lumbung non-free karena tidak disediakan pada instalasi dasar Debian. Untuk itu, saya menggunakan modem (Huawei E220) untuk meng-update repository software. Modem ini sudah bisa digunakan langsung tanpa harus melakukan configurasi hardware apapun, yang perlu dilakukan hanyalah memilih jenis provider yang akan digunakan.
Selanjutnya biar gampang saya menggunakan Synaptic Package Manager dan memanfaatkan fasilitas search yang ada dan menemukan paket yang bernama firmware-iwlwifi dan saya install dengan memilih mark for installation dan klik apply. Kemudian restart laptop untuk memastikan driver di-load dengan baik. Di laptop saya begitu selesai restart sudah bisa memilih hotspots yang ingin digunakan.
Sumber:
Debian installation bisa dilihat di http://www.howtoforge.com/perfect-server-debian-squeeze-with-bind-and-dovecot-ispconfig-3

Install Debain Squeeze di Laptop Compaq V3000 Install Debain Squeeze di Laptop Compaq V3000 Reviewed by Kamartina on 21.56 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.